ayoo jogett mant tmannnnn

sedikit definisi tntg akku

Animated Pictures Myspace Comments
MyNiceProfile.com akku jugga sukka merayapp. mungkin terlihat kecil tapi sakitt kalo ngegigit

Senin, 19 Maret 2012

tugas PKN

TUGAS MAKALAH
PKN

Dosen Pengampu: Drs. Soenarjo MM




Nama kelompok:

1. DESITA ANGGI
2. REPY PUTRI
3. DIAH WAHYU
4. INDAH WIDYAWATI
5. ROSANTY WINDA A

IKIP PGRI MADIUN
TAHUN AJARAN 2011/2012

KATA PENGANTAR


Atas rahmat allah yang maha kuasa kami mampu menyelesaikan tugas makalah pkn ini dengan tepat waktu.
Kami ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak-pihak yang ikut membantu tugas ini dengan baik.

Tidak lupa kritik dan saran juga kami butuhkan untuk proses pembelajaran kami agar kedepannya dalam mengerjakan tugas dapat lebih baik.







Penyusun













PEMBAHASAN

A. Keadaan Rakyat Indonesia saat ini
Pada tujuan pancasila secara khusus, terdapat lima aspek atau unsur. Dan apakah keadaan rakyat Indonesia saat ini sudah sesuai dengan kelima aspek yang terdapat dalam tujuan pendidikan pancasila secara khusus tersebut?
Secara garis besar, keadaan rakyat Indonesia saat ini belum sesuai dengan kelima sila yang terdapat dalam tujuan pendidikan pancasila secara khusus tersebut, hal itu dapat dilihat dari beberapa peristiwa sebagai berikut:
1. Beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa
Secara realita banyak dari individu atau rakyat Indonesia yang lebih mementingkan kepentingsn duniawi dari pada spiritual atau agama. Contohnya seseorang yang beragama islam tidak menjalankan perintah Allah seperti salat, zakat, puasa, dll. Itu artinya hanya islam ktp atau tidak diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Contoh lainnya yaitu juga masih sering terjadi pengeboman dan peperangan dimana-mana, itu juga menunjukan bahwa individu tidak mempunyai iman atau tidak percaya akan adanya Tuhan dan balasannya. Sehingga tujuan pancasila secara khusus pada point 1 belum sesuai dengan kedaan rakyat Indonesia saat ini.
2. Berperikemanusiaan yang adil dan beradap
Banyak orang yang masih meremehkan orang miskin atau tidak mampu. Salah satu contohnya dalam bidang hukum, hukum seakan tidak berlaku bagi mereka yang kaya sehingga mereka seakan kebal hukum. Namun bagi mereka yang miskin jika melakukan kesalahan sedikit saja langsung diberi hukuman seberat-beratnya. Hal itu menunjukan ketidakadilan antara satu individu dengan individu lain atau masih membeda-bedakan terutama dikarenakan hal materi. Sehingga sila kedua yang terdapat pada tujuan pancasila secara khusus belum sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia saat ini.
3. Mendukung persatuan bangsa
Secara realita di Indonesia masih banyak terjadi pertikaian atau peperangan. Contohnya saja di daerah ibu kota masing sering diberitakan pertengkaran yang terjadi antar kompleks. Selain itu juga masih sering terjadi pertikaian yang terjadi antar suku, serta masih sering ditemui tawuran antar sekolah. Semua itu mencerminkan kurangnya persatuan antar rakyat atau belum benar-benar damai dan bersatu. Sehingga keadaan rakyat Indonesia saat ini belum sesuai dengan sila ketiga yang terdapat dalam tujuan pancasila.
4. Mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan individu maupun golongan
Saat ini banyak dari anggota dewan yang hanya memberi janji-janji palsu, saat pemilihan mereka berjanji akan mensejahterakan kehidupan rakyat, namun setelah terpilih menjadi anggota dewan rakyat janji-janji itu tidak terealisasi atau tidak terwujud. Mereka lebih mementingkan diri atau kepentingan dan kesenangan mereka sendiri seperti melakukan korupsi seenaknya tanpa menghiraukan keadaan rakyat yang masih kekurangan. Hal itu mencerminkan bahwa lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bersama atau rakyat. Sehingga sila keempatpun belum sesuai dengan keadaan rakyat Indonesia saat ini.
5. Mendukung upaya untuk mewujudkan suatu keadilan sosial dalam msyarakat
Keadaan perekonomian rakyat Indonesia saat ini belumlah merata. Hal itu dapat dilihat dari adanya perbedaan perekonomian yang sangat besar antara setiap indivudu. Mereka yang kaya semakin kaya, sedangkan mereka yang miskin justru semakin terpuruk atau tidak diperhatikan. Sehingga jurang perbedaan antara orang kaya dan miskin sangat jelas terlihat. Maka dari itu sila kelima yang terdapat dalam tujuan pancasila secara khususpun belum sesuai dengan keadaan rakyat Indonesia saat ini
B. Solusi dari Keadaan Rakyat Indonesia saat ini yang Belum Sesuai dengan Tujuan Pancasila secara Khusus
Solusi dari permasalahan yang terjadi pada setiap aspeknya yaitu:
a. Seharusnya setiap individu lebih bisa menanamkan keimanan yang kuat pada diri masing-masing dan juga lebih meningkatkan rasa saling menghormati dan menghargai antar individu walaupun tidak dalam satu kepercayaan. Selain itu dari pihak pemerintahpun harus bisa meningkatkan serta mengeratkan tali persaudaraan antar umat beragama di negeri ini agar tidak saling terpecah belah.
b. Semua itu tergantung pada para penegak hukum, karena sebenarnya hukum itu sendiri telah ada dan seadil-adilnya, tapi justru para penegak hukum menyalahinya. Maka dari itu seharusnya ada kesadaran dari para penegak hukum untuk menegakan hukum itu seadil-adilnya tanpa membeda-bedakan antar setiap individu.
c. Seharusnya dari pihak pemerintah lebih bisa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar rakyat Indonesia sehingga tidak ada lagi perbedaan dan pertentangan sehingga tidak terjadi perselisihan yang berujung peperangan.
d. Dari pihak pemerintah seharusnya lebih bisa menindak lebih bagi para anggota dewan yang berlaku seenaknya atau mementingkan kepentingan mereka sendiri dengan melakukan korupsi seenaknya tanpa memperhatikan keadaan rakyat, dengan memberi hukuma seberat-beratnya bagi para koruptor agar mereka jera dan tidak melakukan kesalahan lagi.
e. Untuk mengatasi perekonomian rakyat Indonesia yang mayoritas masih dibawah rata-rata atau miskin, maka dari pemerintah haruslah menciptakan lapangan pekerjaan yang memadai, selain itu juga dapat meningkatkan SDM dari rakyat Indonesia agar lebih menjadi manusia yang lebih maju lagi sehingga dapat berguna bagi dirinya sendiri, orang lain, maupun negara.

PENUTUP

Untuk tulisan kali ini berkaitan dengan sumber hukum Islam akan saya akhiri disini. Mohon maaf bila tulisan ini sangat jauh dari kesempurnaan karena memang saya juga masih dalam taraf belajar. Mohon kiranya para pembaca yang mengetahu adanya kesalahan dalam tulisan ini untuk memberikan koreksi karena segala kesalahan dan kekurangan yang ada dalam tulisan ini sepenuhnya adalah karena kekhilafan dan ketidaktahuan saya. Sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar