ayoo jogett mant tmannnnn

sedikit definisi tntg akku

Animated Pictures Myspace Comments
MyNiceProfile.com akku jugga sukka merayapp. mungkin terlihat kecil tapi sakitt kalo ngegigit

Minggu, 15 April 2012

METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

MAKALAH KONSEP DASAR IPS
METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING

Dosen Pengampu :
Maya Kartika Sari, M.Pd



PGSD KELAS I G
KELOMPOK: 1. DESITA ANGGI 11.141.290
2. ROSANTY WINDA 11.141.291
3. REPY PUTRI 11.141.292
4. ANA A 11.141.293
IKIP PGRI MADIUN
2011/2012



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Metode Pembelajaran role playing adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang dipakai untuk menjelaskan peranan,sikap,tingkah laku, nilai dengan tujuan menghayati perasaan ,sudut pandang dan cara berpikir orang lain.
Siswa bermain peran dengan teman-temannya sesuai dengan tema/materi yang dipelajari ,dan siswa lain mengamati dan mengevaluasinya.Pembelajaran dengan role playing meningkatkan kesadaran akan adanya hubungan yang diperankan dengan masalah kehidupan masyarakat yang sebenarnya. Pembelajaran dengan model role playing dapat memenuhi salah satu asumsi penggunaanya,yaitu sebagai model yang dirancang ntuk mengembangkan empati siswa terhadap orang lain dan mengorganisasikan isu-isu sosial.Role Playing sbagai aktivitas kelompok, sangat berguna bagi pengembangan aspek pengertian siswa.
Melihat dari hal itulah maka kami tertarik untuk membahasnya dalam makalah kami.Metode pembelajaran role playing memiliki signifikansi dengan tujuan-tujuan pembelajaran yang berdominan afektual.




1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran role playing?
2. Bagaimana karakteristik metode pembelajaran role playing?
3. Apa kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran role playing?

1.3 Tujuan
1. Mengetahui apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran role playing
2. Dapat menyebutkan karakteristik dari metode role playing ini
3. Mengetahui kelebihan dan kelemahan dari metode pembelajaran role playing

1.4 Manfaat
Penulisan makalah ini bisa digunakan sebagai materi atau referensi dalam mengemukakan tentang penjelasan Metode Pembelajaran Role Playing dimana pembelajaran dengan menggunakan role playing memudahkan mengingat materi pelajaran, yang berupa konsep, fakta,teori dan generalisasi dalam pendidikan IPS dan metode role playing sebagai aktivitas kelompok ,dan sangat berguna bagi pengembangan aspek pengertian siswa.




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Metode Role Playing
Roll Playing (Permainan peran ) adalah berasal dari sociodrama metodologi yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami aspek-aspek yang lebih halus, seperti sastra, ilmu sosial, dan bahkan beberapa aspek ilmu pengetahuan atau matematika. Lebih jauh lagi, hal itu dapat membantu mereka menjadi lebih tertarik dan terlibat, tidak hanya belajar mengenai materi, tetapi juga belajar untuk mengintegrasikan pengetahuan dalam tindakan, dengan mengatasi masalah, mengeksplorasi alternatif, dan mencari solusi baru dan kreatif. Menurut penelitian, Roll Playing (Permainan peran) adalah cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan inisiatif, komunikasi, pemecahan masalah, kesadaran diri, dan bekerja dalam tim kooperatif, dan ini adalah di atas segalanya - tentu bukan hanya belajar dari fakta, sehingga akan membantu anak-anak ini siap untuk menghadapi tantangan di Twenty-First Century.
Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa atau Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan. Pengertian lain dari metode pembelajaran Role Playing atau bermain peran adalah metode pembelajaran sebagai bagian dari simulasi yang diarahkan untk mengkreasi peristiwa sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual, atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang. Sedangkan menurut Sudjana (2009:89) metode simulasi (Role Playing) adalah suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial.
Pada metode role playing ini, proses pembelajaran ditekankan pada keterlibatan emosional dan pengamatan indera ke dalam suatu situasi masalah yang secara nyata dihadapi, baik guru maupun siswa. Kedua istilah ini (role playing dan bermain peran), kadang-kadang juga disebut metode dramatisasi. Hanya bedanya, kedua metode tersebut tidak disiapkan terlebih dahulu naskahnya.

2.2 Karakteristik Metode Role Playing
Dalam pembaharuan pendidikan ada 3 hal yang perlu di soroti yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran. Peningkatan kualitas ini menuntut guru untuk mengembangkan tatanan dan mengoptimalkan pembelajaran agar siswa juga berperan aktif dalam proses pembelajaran. Upaya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik faktor internal maupun eksternal. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran. Melalui metode pembelajaran role palying siswa mencoba mengekspresikan hubungan antara manusia dengan cara memperagakannya, bekerja sama, mendiskusikannya sehingga bersama-sama dapat mengekplorasi perasaan, sikap, nilai dan strategi pemecahan masalahnya.
Pada metode role playing ini, proses pembelajaran ditekankan pada keterlibatan emosional dan pengamatan indera ke dalam suatu situasi masalah yang secara nyata dihadapi, baik guru maupun siswa. Kedua istilah ini (role playing dan bermain peran), kadang-kadang juga disebut metode dramatisasi. Hanya bedanya, kedua metode tersebut tidak disiapkan terlebih dahulu naskahnya.
Menurut Alhafidzh (2010:1), metode role playing memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, dan dapat digunakan apabila:
Pelajaran dimaksudkan untuk melatih dan menanamkan pengertian dan perasaan seseorang.
Pelajaran dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial dan rasa tanggung jawab dalam memikul amanah yang telah dipercayakan.
Jika mengharapkan partisipasi kolektif dalam mengambil suatu keputusan.
Apabila dimaksudkan untuk mendapatkan ketrampilan tertentu sehingga diharapkan siswa mendapatkan bekal pengalaman yang berharga, setelah mereka terjun dalam masyarakat kelak.
Dapat menghilangkan malu, dimana bagi siswa yang tadinya mempunyai sifat malu dan takut dalam berhadapan dengan sesamanya dan masyarakat dapat berangsur-angsur hilang, menjadi terbiasa dan terbuka untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Untuk mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh siswa sehingga amat berguna bagi kehidupannya dan masa depannya kelak, terutama yag berbakat bermain drama, lakon film dan sebagainya.
2.3 Kelebihan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Role Playing
Sebagaimana dengan metode-metode pembelajaran yang lain, metode role playing memiliki kelebihan dan kelemahan, karena secara prinsip tidak ada satupun metode pembelajaran yang sempurna. Semua metode pembelajaran saling melengkapi satu sama lain. Penggunaannya di dalam proses pembelajaran dapat dikolaborasikan, bergantung dari karakteristik materi pokok pelajaran yang diajarkan kepada siswa.
Kelebihan maupun kelemahan metode role playing sebagaimana dijelaskan Makhrufi (2009:3) adalah:
a)    Kelebihan
1.  Dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa. Disamping merupakan pengaman yang menyenangkan yang saling untuk dilupakan.
2. Sangat menarik bagi siswa, sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias.
3. Membangkitkan gairah dan semangat optimisme dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi.
4. Dapat menghayati peristiwa yang berlangsung dengan mudah, dan dapat memetik butir-butir hikmah yang terkandung di dalamnya dengan penghayatan siswa sendiri.
5. Dimungkinkan dapat meningkatkan kemampuan profesional siswa, dan dapat menumbuhkan / membuka kesempatan bagi lapangan kerja.

b)   Kelemahan
Menurut Wahab (2007:109) kelemahan metote role playing antara lain:
1.  Jika siswa tidak dipersiapkan secara baik ada kemungkinan tidak akan melakukan secara sunguguh-sungguh.
2. Bermain peran mungkin tidak akan berjalan dengan baik jika suasana kelas tidak mendukung.
3.  Bermain peran tidak selamanya menuju arah yang diharapkan seseorang yang memainkannya. Bahkan juga mungkin akan berlawanan dengan apa yang diharapkan.
4. Siswa sering mengalami kesulitas untuk memerankan peran secara baik, khususnya jika mereka tidak diarahkan atau tidak ditugasi dengan baik. Siswa perlu mengenal dengan baik apa yang diperankannya.
5. Bermain membutuhkan waktu yang banyak/lama.
6.  Untuk lancarnya bermain peran, diperlukan kelompok yang sensitif, imajinatif, terbuka, saling mengenal hingga bekerjasama dengan baik.
Senada dengan Wahab, Mujiman (2007:86) mengemukakan kelemahan metode role playing dan bermain peranan ini terletak pada:
Role playing dan bermain peranan memelrukan waktu yang relatif panjang/banyak.
Memerlukan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun murid, dan ini tidak semua guru memilikinya.
Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu.
Apabila pelaksanaan role playing dan bermain pemeran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai.
Tidak semua materi pelajaran dapat disajikan melalui metode ini.
Pada pelajaran agama masalah keimanan, sulit disajikan melalui metode role playing dan bermain peranan ini.

Kelebihan Metode Role Playing

Kelebihan metode Role Playing melibatkan seluruh siswa berpartisipasi, mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerja sama. Siswa juga dapat belajar menggunakan bahasa dengan baik dan benar. Selain itu, kelebihan metode ini adalah, sebagai berikut:
1) Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.

2) Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.

3) Guru dapat mengevaluasi pengalaman siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.

4) Dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa. Disamping merupakan pengaman yang menyenangkan yang saling untuk dilupakan

5) Sangat menarik bagi siswa, sehingga memungkinkan kelas menjadi dinamis dan penuh antusias

6) Membangkitkan gairah dan semangat optimisme dalam diri siswa serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi

7) Dapat menghayati peristiwa yang berlangsung dengan mudah, dan dapat memetik butir-butir hikmah yang terkandung di dalamnya dengan penghayatan siswa sendiri

8) Dimungkinkan dapat meningkatkan kemampuan profesional siswa, dan dapat menumbuhkan / membuka kesempatan bagi lapangan kerja

Kelemahan Metode Role Playing

Hakekatnya sebuah ilmu yang tercipca oleh manusia tidak ada yang sempurna,semua ilmu ada kelebihan dan kekurangan.Jika kita melihat metode Role Playing dalam dalam cakupan cara dalam prooses mengajar dan belajar dalam lingkup pendidikan tentunya selain kelebihan terdapat kelemahan.Kelemahan metode role palying antalain:

1. Metode bermain peranan memelrukan waktu yang relatif panjang/banyak

2. Memerlukan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun murid. Dan ini tidak semua guru memilikinya

3. Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu

4. Apabila pelaksanaan sosiodrama dan bermain pemeran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai

5. Tidak semua materi pelajaran dapat disajikan melalui metode ini








BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Telah diketahui bahwa metode pembelajaran role playing merupakan salah satu bentuk permainan pendidikan yang dipakai untuk menjelaskan peranan,sikap,tingkah laku ,nilai dengan tujuan menghayati perasaan ,sudut pandang dan cara berpikir orang lain.
Belajar dengan role playing menyebabkan timbulnya keberanian menyatakan pendapat dan role playing sebagai aktivitas kelompok ,dan sangat berguna bagi pengembangan aspek pengetian siswa,interaksi antar kelompo dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa menerima atau mengintregrasikan konsep atau informasi dari berbagai perspektif pada masalah yang sama,dan prosos ini akan menghasilkan pengertian dan pemahaman yang matang tentang materi yang dipelajari.










DAFTAR PUSTAKA

http://ziazone.wordpress.com/2011/07/01/pembelajaran-metode-role-playing-pada-pasar-persaingan-sempurna/
http://edusogem.blogspot.com/2010/11/kelebihan-dan-kekurangan-role-playing.html
http://primurlib.net/index.php?p=show_detail&id=5474http://sastra28.blogspot.com/2011/02/metode-role-playing-aspek-berbicara.html
http://main.manpacitan.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=32:where-is-the-static-content&catid=31:pembelajaran&Itemid=53
http://www.papantulisku.com/2010/02/role-playing-dalam-pengajaran.html

makalah PENJAS "kesegaran jasmani"

TUGAS PENDIDIKAN JASMANI
“Kebugaran Jasmani”
Dosen Pengampu
Titin Kuntum Mandalawati, S.pd


Oleh:
1.Desita Anggi H (11141290)
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
IKIP PGRI MADIUN
2012








KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.









Madiun,

Penyusun





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ii
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
iii
BAB I PENDAHULUAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
1.1 Latar belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
1.2 Rumusan masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
1.3 Tujuan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
1.4 Manfaat . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2
BAB II PEMBAHASAN . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
2.1 Hakekat Penjaskes . . . . . . . . . . . . 3
3. Apa pengertian penjaskes itu sendiri. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
3.3 Ruang lingkup penjaskes? . . . . . . . . . . . . 3
3.4 Apa saja kesegaran jasmani yang berhubungan dengan ketrampilan? . 4
3.5 Faktor apa saja yang mempengarui Kesegaran jasmani? . . . . . . . 6
BAB III PENUTUP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
7
DAFTAR PUSTAKA . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iv












BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Kesegaran jasmani adalah suatu keadaan yang dimiliki atau dicapai seseorang dalam
kaitannya dengan kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik. Kesegaran jasmani berkaitan dengan
kesehatan ketika aktivitas fisik dapat dilakukan tanpa kelelahan berlebihan, terpelihara seumur hidup
dan sebagai konsekuensinya memiliki risiko lebih rendah untuk terjadinya penyakit kronik lebih awal. Seseorang yang secara fisik bugar dapat melakukan aktivitas fisik sehari-harinya dengan giat, memiliki
risiko rendah dalam masalah kesehatan dan dapat menikmati olahraga serta berbagai aktivitas
lainnya.
Komponen kesegaran jasmani secara garis besar dibagi menjadi 2 yakni kesegaran jasmani
yang berhubungan dengan ketrampilan (meliputi : kecepatan, daya ledak otot , ketangkasan,
keseimbangan dan koordinasi) dan kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan (meliputi :
kekuatan otot, daya tahan otot, kelenturan, daya tahan kardiorespirasi, dan komposisi tubuh ). Hal ini
dipengaruhi oleh berbagai hal antara lain umur, jenis kelamin, genetik, ras, aktivitas fisik termasuk
latihan dan kadar hemoglobin.
Pada anak kesegaran jasmani ini seringkali terlupakan. Padahal kesegaran jasmani ini sangat
bermanfaat untuk menunjang kapasitas kerja fisik anak yang pada akhirnya diharapkan dapat
meningkatkan prestasinya. Daya tahan kardiovaskuler yang baik akan meningkatkan kemampuan kerja
anak dengan intensitas lebih besar dan waktu yang lebih lama tanpa kelelahan. Daya tahan otot akan
memungkinkan anak membangun ketahanan yang lebih besar terhadap kelelahan otot sehingga mereka
bisa belajar dan bermain untuk jangka waktu lebih lama. Terlebih lagi kesegaran jasmani yang
rendah diduga merupakan prekursor terhadap mortalitas pada orang dewasa, sedangkan tingkat
kesegaran jasmani sedang memperlihatkan efek protektif terhadap beberapa prediktor mortalitas
seperti merokok, hipertensi dan hiperkolesterolemia.










1.2 RUMUSAN MASALAH

Apa saja Hakekat Penjaskes ?
Apa pengertian penjaskes itu sendiri ?
Menyebutkan Ruang lingkup penjaskes
Apa saja kesegaran jasmani yang berhubungan dengan ketrampilan ?
Faktor apa saja yang mempengarui Kesegaran jasmani ?


1.3 TUJUAN PENULISAN

Mengetahui Hakekat Penjas
Mengetahui Pengertian Penjaskes
Dapat menyebutkan Ruang Lingkup Penjaskes
Mengetahui Apa saja Kesegaran jasmani yang berhubungan Dengan ketrampilan
Mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh

1.4 MANFAAT


Kesegaran jasmani sangat bermanfaat bagi anak untuk menunjang
kapasitas kerja fisik dan meningkatkan daya tahan kardiovaskuler, yang salah satunya
dipengaruhi oleh komposisi tubuh. Saat ini prevalensi obesitas meningkat tajam di
seluruh dunia seiring dengan menurunnya aktivitas fisik. Di Indonesia belum banyak
penelitian yang menghubungkan Tingkat Kesegaran jasmani (TKJ) dengan Indeks
Massa Tubuh (IMT) serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.







BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Hakikat pendidikan jasmani
Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya.
2.2 Pengertian Pendidikan jasmani
Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu maupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak
Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan holistik dalam kualitas individu, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional
2.3 RUANG LINGKUP Pendidikan Jasmani
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya.
Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.
Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.
Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung.
Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.
2.4 Kesegaran Jasmani yang Berhubungan dengan Ketrampilan (Skill Related Fitness)

Kesegaran jasmani yang berhubungan dengan ketrampilan merupakan kualitas yang dimiliki seseorang sehingga mampu untuk berpartisipasi dalam aktivitas olahraga. 12 Komponen kesegaran jasmani ini meliputi ketangkasan, kecepatan, koordinasi, tenaga, dan keseimbangan.

Ketangkasan
Ketangkasan adalah kemampuan dalam mengubah gerak secara cepat dan akurat.
Ketangkasan saling berhubungan dengan kecepatan, kekuatan, keseimbangan dan koordinasi.


Kecepatan
Kecepatan merupakan kemampuan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dalam waktu sesingkat mungkin. Kecepatan ini tergantung dari program motorik susunan saraf pusatyang diaktivasi oleh tenaga (power) yang kuat. Suatu organisme dapat bereaksi cepat dengan jalan berbeda-beda, yakni dengan kecepatan gerak tunggal dan respon motor atau dengan mencapai kecepatan lokomotor yang tinggi.


Koordinasi
Koordinasi merupakan kemampuan untuk mengintegrasikan sistem motorik dan sensorik ke dalam suatu pola gerak yang efisien. Pada dasarnya perlu gerak mata-tangan, mata-kaki, dan gerak ritmik yang baik. Koordinasi ini sangat penting untuk keberhasilan kebanyakan aktivitas gerakan termasuk yang dilakukan sebagai bagian dari fungsi harian.


Daya / Power
Daya ledak otot merupakan kombinasi dari tenaga eksplosif; kekuatan otot maksimum yang dilepaskan dengan kecepatan maksimum. Daya ledak otot merupakan faktor fundamental dalam melompat, melempar, menendang dan memukul.


Keseimbangan
Keseimbangan merupakan kemampuan untuk menjaga satu posisi tubuh dan seimbang baikkeadaan gerak statis maupun dinamis
















2.5 Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kesegaran Jasmani yang Berhubungan dengan
Ketrampilan :


Beberapa hal yang mempengaruhi kesegaran jasmani yang berkaitan dengan ketrampilan
antara lain :

Umur
Keseimbangan dapat meningkat sesuai umur kronologis antara umur 11 dan 16 tahun, namun angka pencapaian pada anak laki-laki antara 13 dan 15 tahun tercatat melambat.


Jenis Kelamin
Baik anak perempuan ataupun anak laki-laki meningkat ketangkasannya sampai usia 14 tahun, namun sesudah itu anak perempuan tampak menurun sedangkan anak laki-laki lebih cepat mencapai kemampuannya. Seiring pertambahan usia, kecepatan reaksi akan meningkat dan anak lakilaki akan memiliki reaksi yang lebih cepat dibanding anak perempuan.


Genetik
Ketangkasan sebagian merupakan pembawaan (herediter) meskipun dapat juga diperbaiki melalui latihan


Latihan
Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa ketangkasan,keseimbangan dan tenaga dapat diperbaiki melalui suatu latihan. Kecepatan gerak juga dapat diperbaiki melalui latihan baik isotonik maupun isometrik

BAB V
PENUTUP
1. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesegaran jasmani seseorang, salah satunya yaitu melalui aktivitas jasmani. Dengan demikian pendidikan jasmani dapat digunakan sebagai bentuk kegiatan siswa dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani.
2. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani sangat diperlukan adanya model dan variasi pelajaran. Untuk itu pengajar sebaiknya dapat membuat model ataupun modifikasi pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran dengan pendekatan bermain.
























DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas, 2003, Kurikulum 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani SMP/MTs, Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, 2003, Undang-Undang R.I Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas
J. Mata Kupan, 2002, Teori Bermain, Jakarta : Universitas Terbuka
Ngalim Purwanto. M, 2003, Ilmu Pendidikan Teori dan Praktik, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Winata Putra Udin, 1994, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka

Jumat, 13 April 2012

contoh makalah MULOK + Evaluasi

TUGAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN
RPP MULOK & EVALUASI PEMBELAJARAN”
Dosen Pengampu:
Bpk Imam Gunawan S.Pd, M.Pd
Oleh:
1.                                      Desita Anggi H         (11 141 290)


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
2012

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan teman-teman. Amin.









Madiun,

                                                                               Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Indonesia terdiri dari lebih dari 3500 buah pulau yang dihuni oleh berbagai suku bangsa yang mempunyai berbagai macam adapt-istiadat, bahasa, kebudayaan, agama, kepercayaan dan sebagainya. Berbagai kekayaan alam baik yang terdapat didarat, laut, flora fauna dan berbagai hasil tambang yang semuanya merupakan sumber daya alam. Kebudayaan nasional yang didukung oleh berbagai nilai kebudayaan daerah yang luhur dan beradab yang merupakan nilai jati diri yang menjiwai perilaku manusia dan masyarakat dalam segenap aspek kehidupan, baik dalam lapangan industri, kerajinan, industri rumah tangga, jasa pertanian (argo industri dan argo bisnis), perkebunan, perikanan perternakan, pertaqnian holtikultura, kepariwisataan, pemeliharaan lingkungan hidup sehingga terjadi kesesuaian, keselarasan dan keseimbangan yang dinamis.Kurikulum kecuali mangacu pada karakteristik peserta didik, perkembangan ilmu dan teknologi pada zamanya juga mengacu kepada kebutuhan-kebutuhan masyarakat,
1.2    Rumusan masalah
·       Apa pengrtian muatan lokal?
·       Apa tujuan muatan lokal?
·       Apa itu pengembangan muatan lokal?
·       Apa saja evaluasi dalam muatan lokal?
1.3    Tujuan Penulisan
Tujuan Umum:
Panduan ini dapat menjadi acuan bagi satuan pendidikan SD/MI/SDLB,
SMP/MTs/SMPLB,SMA/MA/SMALB,danSMK/MAK dalam pengembangan MataPelajaran Muatan Lokal yang akan dilaksanakan pada tingkat satuan pendidikan yang bersangkutan

Tujuan Khusus:
Mata pelajaran muatan lokal bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku didaerahnya dan mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional. Lebih jelas lagi agar peserta didik dapat:

·       Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial,
dan budayanya.
·        Memiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan
mengenai daerahnya yang berguna bagi dirinya maupun lingkungan
masyarakat pada umumnya,
·       Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai/aturanaturan
yang berlaku di daerahnya, serta melestarikan dan
mengembangkan nilai-nilai luhur budaya setempat dalam rangka menunjang pembangunan nasional.





1.4    Manfaat
Muatan lokal diartikan sebagai program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya serta kebutuhan pembangunan daerah yang perlu diajarkan kepada siswa.
 Isi dalam pengertian di atas adalah bahan pelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan muatan lokal Sedangkan media penyampaian merupakan metode dan sarana yang digunakan dalam penyampaian isi muatan lokal.
 Contoh: Untuk menanamkan konsep himpunan seorang guru menggunakan batu dan buah-buahan dengan metode mengajar demonstrasi dan bahasa pengantar bahasa daerah.









BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Muatan Lokal
Menurut surat keputusan tersebut yang dimaksud dengan kurikulum muatan lokal ialah program pendidikan yang disi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah dan wajib dipelajari oleh murid didaerah tersebut.
Lingkungan peserta didik terdiri atas :
1. Lingkungan alam Fisik yang terdiri atas :
  • Lingkungan fisik alami, misalnya : daerah rural, urban, semi rural dan semi urban.
  • Lingkungan fisik buatan, misalnya : lingkungan dekat pabrik, pasar, pariwisata, pelabuhan dan sebagainya.
2. Lingkungan Masyarakat
  • Masyarakat yang berlapangan dalam bidang ekonomi, misalnya : perdagangan, pertanian, perikanan, transportasi, jasa dan sebagainya.
  • Masyarakat yang berlapangan dibidang politik, misalnya : sebagai pimpinan partai, pimpinan lembaga swasta maupun pemerintahan dan sebagainaya.
  • Masyarakat yang berlapangan hidup dalam bidang ilmu Pengetahuan, misalnya : guru, peneliti, ahli-ahli tertentu pencipta dan sebagainya.
  • Masyarakat yang berlapangan hidup dalam bidang keagamaan misalnya : pesantren dan sebagainya
  • Masyarakat yang berlapangan hidup dalam bidang olah raga, kurikulum mutan lokalnya misalnya berbagai permainan daerah

  • Masayarakat yang hidup dalam bidang kekeluargaan, kurikulum dalam muatan lokalnya misalnya: gotong royong, silaturrahmi, melayat dan sebagainya.
Menurut sejarah, sebelum ada sekolah formal, pendidikan yang berprogram muatan lokal telah dilaksanakan oleh para orang tua peserta didik dengan metode drill dan dengan trial and error serta berdasarkan berbagai pengalaman yang mereka hayati. Tujuan pendidikamn mereka terutama agar anak-anak mereka dapat mandiri dalam kehidupan. Bahan yang diajarkan ialah bahan yang diambil dari berbagai keadaan yang ada dialam sekitar. Sedang kriteria keberhasilannya ditandai mereka telah dapat hidup mandiri.

2.2 Ruang Lingkup
Ruang lingkup muatan lokal adalah sebagai berikut:

1.     Lingkup Keadaan dan Kebutuhan Daerah. Keadaan daerah adalah
segala sesuatu yang terdapat didaerah tertentu yang pada dasarnya
berkaitan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial ekonomi, dan
lingkungan sosial budaya. Kebutuhan daerah adalah segala sesuatu
yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah, khususnya untuk
kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat
tersebut, yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta
potensi daerah yang bersangkutan.
Kebutuhan daerah tersebut
misalnya kebutuhan untuk:

a. Melestarikan dan mengembangkan kebudayaan daerah
b.
  Meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang tertentu,
sesuai dengan keadaan perekonomian daerah
c.     Meningkatkan penguasaan bahasa Inggris untuk keperluan seharihari,
dan menunjang pemberdayaan individu dalam melakukan
belajar lebih lanjut (belajar sepanjang hayat)
d.     Meningkatkan kemampuan berwirausaha.


2. Lingkup isi/jenis muatan lokal, dapat berupa: bahasa daerah, bahasa
Inggris, kesenian daerah, keterampilan dan kerajinan daerah, adat
istiadat, dan pengetahuan tentang berbagai ciri khas lingkungan alam
sekitar, serta hal-hal yang dianggap perlu oleh daerah yang
bersangkutan.


Pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal

Pemberlakuan KTSP membawa implikasi bagi sekolah dalam melaksanakan
KBM sejumlah mata pelajaran, dimana hampir semua mata pelajaran sudah
memiliki Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk masing-masing
pelajaran. Sedangkan untuk Mata Pelajaran Muatan Lokal yang merupakan
kegiatan kurikuler yang harus diajarkan di kelas tidak mempunyai Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasarnya.
Hal ini membuat kendala bagi
sekolah untuk menerapkan Mata Pelajaran Muatan Lokal. Pengembangan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Muatan
Lokal bukanlah pekerjaan yang mudah, karena harus dipersiapkan berbagai
hal untuk dapat mengembangkan Mata Pelajaran Muatan Lokal
Ada dua pola pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal dalam rangka
menghadapi pelaksanaan KTSP.

Pengembangan Muatan Loakal Sesuai Dengan Kondisi sekolah Saat ini

Langkah dalam pengembangan Mata Pelajaran Muatan Lokal bagi
sekolah yang memang tidak mampu mengembangkannya,
langkah tersebut adalah:

1. Analisis Mata Pelajaran Muatan Lokal yang ada di sekolah. Apakah
masih layak dan relevan Mata Pelajaran Muatan Lokal diterapkan di
Sekolah?

2. Bila Mata Pelajaran Muatan Lokal yang diterapkan di sekolah tersebut
masih layak digunakan maka kegiatan berikutnya adalah merubah
Mata Pelajaran Muatan Lokal tersebut ke dalam SK dan KD

3. Bila Mata Pelajaran Muatan Lokal yang ada tidak layak lagi untuk
diterapkan, maka sekolah bisa menggunakan Mata Pelajaran Muatan
Lokal dari sekolah lain atau tetap menggunakan Mata Pelajaran
Muatan Lokal yang ditawarkan oleh Dinas atau mengembangkan
muatan lokal yang lebih sesuai
.

2.3 Tujuan Kurikulum Muatan Lokal
Kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan.tujuan pendidikan muatan lokal tentu saja tidak dapat terlepas dari tujuan umum yang tertera dalam GHBN.adapun yang langsung dapat dipaparkan dalam muatan lokal atas dasar tujuan tersebut diantaranya adalah :
1.   Berbudi pekerti luhur, sopan santun daerah disamping sopan santun nasional.
2. Berkepribadian ; Punya jati diri dan punya kepribadian daerah disamping      kepribadin nasional
3.   Mandiri : dapat mencukupi diri sendiri tanpa batuan orang lain
4.   Terampil, menguasai 10 segi PKK didaerahnya
5.   Beretos kerja , cinta akan kerja, makanya dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya.
6. Profesional, mengerjakan kerajinan daerah seperti membatik, membuat anyaman,       patung dan sebagainya
7.  Produktif, dapat berbuat sebagai produsen dan bukan hanya sebagai konsumen
8.   Sehat jasmani dan rohani
9.   Cinta lingkungan, dapat menumbuhkan cinta kepada tanah air.
10. Kesetiakawanan sosial, dalam hal bekerja manusia selalu membutuhkan teman   kerja,oleh karenanya akan terjadilah situasi kerja sama dan gotong royong.
11.  Kreatif –inovatif untuk hidup, karena tidak pernah menyia-nyiakan waktu luang,dan yang bersangkutan menjadi orang ulet, tekun, rajin dan sebagainya
12.  Mementingkan pekerjaan yang praktis ; Menghilangkan gaps antara lapangan teori dan praktik
13. Rasa cinta budaya daerah dan budaya nasional.

1. Sumber Bahan Muatan Lokal
Sumber bahan muatan lokal dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
*Nara Sumber
·       Guru irtu sendiri yang mempunyai pengalaman dan ketrampilan, misalnya ahli tari, musik, ukir patung dan sebagainya
·       Peserta didik itu sendiri, yang memiliki ketrampilan sperti diatas maupun ketrampilan bawaan seperti bertani, berkebun dan sebagainya.
·       Nara sumber lain yang ada di sekitar yang dapat didatangi.
*Software
Yaitu bahan ajar yang terdapat pada berbagai tulisan, seperti : Buku cara bertanam, beternak, cara membuat sesuatu , mungkin juga berbagai film dokumentasi.
*Hardware
Yaitu suatu bahan ajar yang sifatnya dapat diamati, seperti : upacara daerah, peralatan pertanian, alat kesenian , pusaka kerajan dan sebagainya.
*Lingkungan
Sumber bahan muatan lokal yang ada disekitar yang bersifat historis, misalnya : musium, monumen, adat istiadat dan sebagainya.
*Berbagai hasil diskusi oleh berbagai pakar atau nara sumber yang relevan
Untuk penentuan bahan muatan muatan lokal perlu adanya pemetaan daerah untuk mengidentifikasi berbagai jenis muatan lokal. Bahan muatan lokal telah ditetapkan oleh Depdikbud sebesar 20 % dari bahan kurikulum keseluruhan dengan harapan dapat memperhatikan :
  • Garis-garis besar program pengajaran yang berlaku.
  • Sumber daya yang tersedia
  • Kekhasan lingkungan alam, sosial, budaya dan kebutuhan daerah.
  • Mobilitas murid
  • perkembangan dan kemampuan murid
  • Nara sumber yang ada.
  • Untuk penentuan muatan lokal dari pihak Dinas Depdikbud perlu bekerja sama dengan dengan pemerintah daerah, instansi lain yang terkait, badan swasta dan masyarakat agar muatan lokal dapat diterima sebagaimana mestinya.
2. Sistem Penyampaian
Dalam memilih suatu metode mengajar tergantung pada :
Jumlah jenis siswa yang dihadapi Siswa akan terbagai menjadi beberapa kelompok sesuai dengan minat mereka.
-Sifat Bahan
Bahan muatan lokal mempunyai ciri khas diantaranya :
  • Luas dan urutan bahan tidak kaku
  • Sebagaian bahan ajar dapat diberikan secara ekstra kurikuler.
  • Guru terdiri dari berbagai nara sumber yang mungkin berprofesi bukan guru.
  • Dapat dilaksanakan dengan metode : karya wisata, drill, demontrasi, bahkan kursus diluar sekolah.
-Media yang tersedia
Karena bahan beraneka ragam perlu berbagai media, misalnya: alat pertanian, bengkel, kesenian dan sebagainya, sehingga harus ditopang dana yang cukup
-Kesiapan guru
Di lembaga pendidikan tidak guru tidak ada mata kuliah praktik muatan lokal, sehingga perlu penataran guru-guru yang mengajar muatan lokal.
-Waktu pelaksanaan
Karena kegiatan ekstra kurikuler pengawasannya sulit dan ternbentur dengan biaya dan belum tentu ada kursus yang siap untuk setiap daerah. Cara mengatasinya dapat dilakukan seperti pelaksanaan hari krida yng diselnggarak setiap hari Sabtu, tapi ini perlu GBPP ya style=ng mantap.
-Situasi setempat
Situasi setempat bersifat situasional dan konditional, ada daerah yang kaya muatan lokal dan ada kota-kota besar yang sulit menentuakan bahan muatan lokalnya, terutama derah-daerah elit.
3. Kendala dan Rintangan
Kendala kurikulum muatan lokal dapat dilihat dari berbagai sudut, antara lain :
1)     Peserta didik : minat dan kebutuhan peserta didik sangat heterogen.
2)     G u r u : baik kuantitas maupun kualitas sangat minim, terutama dalam hal Metodologinya
3)     Administrasi : administrasi kurikulum agak ruwet, penjadwalan ruwet lalu lintas berliku-liku
4)     Sarana/prasarana : buku belum siap, silabus/ GBPP baru disiapkan, dana kurang Mendukung
5)     Kurikulum : Setiap daerah mempunyai kurikulum yang berbeda-beda, hal ini sangat menyulitkan bagi siswa pindahan dari luar daerah.

2.4 Pengembangan Muatan Lokal
Bahan muatan lokal dapat tercantum pada intra kurikuler, misalnya mata pelajaran kesenian dan ketrampilan, bahasa daerah dan inggris. Sedang bahan muatan lokal yang dilaksanakan secara ekstra kurikuler bahan dikembangkan dari pola kehidupan dalam lingkungannya.
Karena bahan muatan lokal sifatnya mandiri dan tidak terikat oleh pusat, maka peranan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam muatan lokal ini sanagat menentukan . Untuk pengembangannya, langkah-langkah yang dapat ditempuh :


1. Menyusun Perencanaan Muatan Lokal
Dalam pelaksanaan proses pembelajaran selalu menyangkut berbagai unsur atau komponen . Menyusun perencanaan muatan lokal juga akan menyangkut berbagai sumber, pengajar, metode, media, dana dan evaluasi.
Merencanakan bahan muatan lokal yang akan diajarkan antara lain dengan :
a. Mengidentifikasikan segala sesuatu yang mungkin dapat dijadikan bahan muatan lokal
b. Menseleksi bahan muatan lokal dengan kriteria sebagai berikut :
1) Sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik.
2) Tidak bertengan dengan Pancasila dan aturan adat yang berlaku.
3) Letaknya terjangkau dari sekolah.
4) Ada nara sumber baik didalam maupun diluar sekolah.
5) Bahan/ajaran tersebut merupakan ciri khas daerah tersebut.
c. Menyusun GBPP yang bersangkutan
d. Mencari sumber bahan yang tertulis maupun yang tidak tertulis
e. Mengusahan sarana/prasarana yang relevan dan terjangkau.

2. Pembinaan dan Pengembangan Muatan Lokal
Pembinaan perlua ditangani oleh tenaga-tenaga yang profesioanal dan dilakukan secara kontinue, karena dalam pelaksanaan dilapangan kadang-kadang siswa lebih mahir dari pada gurunya , karena siswa sudah biasa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang
Dimaksud, misalnya anak petani, anak pengrajin, bengkel, peternak dan sebagainya, yang akibatnya akan terjadi pembuangan tenaga, waktu dan biaya.

3. Pengembangan Muatan Lokal
Ada dua arah pengembangan dalam muatan lokal, yaitu :
a. Pengembangan untuk jangka jauh
Agar para siswa dapat melatih keahlian dan ketrampilan yang sesuai dengan harapan yang nantinya dapat membantu diriny, keluarga, masyarakat dan akhirnya membantu pembangunan nusa dan bangsanya. Oleh karena itu perkembangan muatan lokal dalam jangka panjang harus direncanakan secara sistematik oleh sekolah, keluarga, dan masyarakat setempat dengan perantara pakar-pakar pada instasi terkait baik negeri maupun swasta. Untuk muatan lokal disekolah dasar masih bersifat concentris, kemudian dilaksanakan secara kontinyu disekolah menengah pertama dan akan terjadi konvergensi disekolah menengah atas.
b. Pengembangan untuk jangka pendek
Perkembangan muatan lokal dalam jangka pendek dapat dilakukan oleh sekolah setempat dengan cara menyusun kurikulum muatan lokal kemudian menyusun GBPP-nya dan direvisi setiap saat.
Dalam Pengembangan selanjutnya ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

Perluasan muatan lokal
Dasarnya adalah bahan muatan lokal yang ada di daerah itu yang terdiri dari berbagai jenis jenis muatan lokal misalnya : pertanian, kalau sudah dianggap cukup ganti peternakan, perikanan, kerajianan dan sebagainya. Siswa cukup diberi dasar-dasarnya saja dari berbagai muatan lokal sedang pendalamanya dilaksanakan pada periode berikutnya.

Pendalaman muatan lokal
Dasarnya adalah bahan muatan lokal yang sudah ada kemudian diperdalam samapai mendalam, misalnya masalah pertanian dibicarakan dan dilaksanakan mengenai bagaimana cara memupuk, memelihara, mengembangkan, pemasarannya dan sebagainya. Oleh karena itu pelajaran ini diberikan pada siswa yang telah dewasa.
Hasil tidaknya pengembangan disekolah tergantung pada :
1) Kekreatifan guru.
2) Kesesuain program
3) Ketersedianan sarana dan prasarana
4) cara pengeloaan
5) Kesiapan siswa
6) Partisipasi masyarakat setempat
7) Pendekatan kepala sekolah dengan nara sumber dan instansi terkait
Adapun cara menentukan bahan pelajaran muatan lokal untuk satu bidang studi dapat dilaksanakan dengan empat cara :
1. Bagi bidang studi yang sudah punya GBPP, disusun pokok bahasan/ sub pokok bahasan, kemudian dipilih bahan mana yang berkriteria muatan lokal.
2. GBPP yang telah dipilih, sesuaikan dengan pola kehidupan masyarakat.
3. Pola kehidupan dalam lingkungan alam, dijadikan sumber sebagai GBPP yang mungkin sesuai dengan GBPP atau tidak sesuai dengan GBPP yang telah ada.
4. Pola kehidupan dalam lingkungan alam, dipilih unsur-unsurnya yang perlu dimasukan dalam program pendidikan kemudian dibuat GBPP.


2.5 Evaluasi dalam Muatan Lokal
Ada dua macam evaluasi dalam pelaksanaan Muatan Lokal :
1. Evaluasi Program Muatan Lokal
Untuk Evaluasi program muatan lokal ada tiga langkah sebagai berikut :
A. Reflektive Evaluation
Program muatan lokal sebelum dilaksanakan dilapangan, dievaluasi terlebih dahulu konsepnya yang berdasar teori, pengalaman, berbagai hasil penelitian argumentasi, pengarahan para pakar dan pejabat.
B. Formative Evaluation
Yaitu menevalusi pada program muatan lokal pada waktu program tersebut baru dilaksanakan. Oleh karena itu perlu dilakukan :
·       Diadakan tri-out pada beberapa sekolah yang dianggap mewakili sekolah lain didaerah tersebut, sehingga dapat ditemukan kendala pelaksanaannya.
·        Perlu tidaknya revisi program sesuai dengan kenyataannya.
·       Setelah revisi baru diadakan desiminasi (perluasan) kesekolah lain yang mempunyai program muatan lokal sejenis.
Para evaluatornya terdiri dari : para konseptor, guru, supervisor dan nara sumber yang relevan.
C. Summative Evaluation
Summative evaluation adalah mengevaluasi setelah program tersebut selesai dilaksanakan secara menyeluruh. Yang di evaluasi adalah berbagai kegiatan yang ada pada program tersebut sesuai dengan tujuan yang telah digariskan.


2. Evaluasi hasil belajar Muatan Lokal
Evaluasi hasil belajar mutan lokal bagi poko bahasan yang sesuai dengan GBPP cara evaluasinya telah diatur oleh Depdiknas, misalnya bidang studi : kesenian, ketrampilan, bahasa dan sebagainya. Tetapi bidang studi yang tidak tercantum dalam GBPP dan dilaksanakan secara ekstra kurikuler, kiranya pertanyaan tersebut dapat dijawab :
a. Siapa yang menilai program muatan lokal itu ?
Jawabanya adalah yang mengajar, yaitu guru dan orang yang terlibat dalam proses pembelajaran muatan lokal.
b. Apanya yang dinilai ?
Yang dinailai dapat berupa :
- Hasil akhir yang berupa hasil nyata dari berbagai pekerjaan ( kongkrit / abstrak)
- Prosesnya
c. Bagaimana cara menilainya ?
Cara penilaiannya lebih banyak menggunakan pengamatan baik untuk hasil maupun proses. Sekor tidak berupa angka, tetapi cukup dengan predikat : baik sekali, baik, sedang, atau kurang. Dan tidak ikut menentukan IP siswa.
d. Kapan mulai menilai ?
Penialain baik secara individu maupun kelompok dilaksanakan setiap saat.
e. Bagaimana standar penilaiannya ?
Standar penilaian program muatan lokal tergantung pada jenis bidang studi nya. Untuk bidang studi pertanian, berbeda dengan peternakan, perikanan dan sebagainya.




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kurikulum muatan lokal ialah program pendidikan yang disi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah dan wajib dipelajari oleh murid didaerah tersebut. Kurikulum muatan lokal diberikan bertujuan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum didalam GBHN.
Sumber bahan muatan lokal dapat diperoleh dari banyak sumber antara lain dari nara sumber, pengalaman lingkungan, hasil diskusi dari para ahli yang relevan dan sebagainya. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran selalu menyangkut berbagai unsur atau komponen . Menyusun perencanaan muatan lokal juga akan menyangkut berbagai aspek, antara lain : sumber bahan ajar, pengajar, metode, media, dana dan evaluasi
Sebagai salah satu kurikulum baru dalam dunia pendidikan Muatan lokal dalam pembelajarannya banyak ditemukan kendala dan rintangan yang ditemukan antara lain dari segi : peserta didik, guru, administrasi, sarana dan prasarana, bahkan kurikulumnya sendiri. Tetapi kendala tersebut lambat laun dapat di minimalisir dengan berbagai metode antara lain dengan mengadakan pelatihan bagi para pengajar, lebih memantapkan GBPP, dengan evaluasi yang berkesinambungan dan sebagainya.
Muatan lokal perlu untuk diberikan kepada peserta didik agar peserta didik lebih mengetahui dan mencintai budaya daerahnya sendiri, berbudi pekerti luhur, mandiri, kreatif dan profesional yang pada akhirnya dapat menumbuhkan rasa cinta kepada budaya tanah air.





Daftar Pustaka
Mimin Haryati, (2006) Model dan Teknik Penilaian Pada tingkat Satuan Pendidikan. Gaung persada pers, Jakarta
UU RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasioanal, Sinar Grafika, Jakarta
Prof. Dr H. Dakir (2004) Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Rineka Cipta, Jakarta
Prof. Dr. Oemar Hamalik (2007), Manajemen Pengembangan Kurikulum, Rosda , Bandung
http://www.wijayalabs.com/2008/07/11/kurikulum-muatan-lokal-perlukah/